Selasa, 8 Januari 2013

Seni Mampu Menyatukan Keragaman Bangsa

Jakarta, Griyawisata.Com -- Seni menjadi perwujudan inovasi dan kreativitas. Bagi para pelakunya, seni bahkan mampu menyatukan keragaman budaya bangsa.
Djarum Apresiasi Budaya tahun ini kembali menggelar pertunjukan "Indonesia Kita" sebagai upaya merayakan keberagaman Indonesia. "'Indonesia Kita' bertujuan merawat semangat 'menjadi Indonesia' yang menghargai jalan kebudayaan, toleran, dan pluralisme," kata Djaduk Ferianto, salah satu tim kreatif program "Indonesia Kita" saat jumpa pers di Grand Kemang Hotel, Jakarta Selatan, Selasa (22/5/2012).

Hal senada disampaikan oleh Butet Kartaredjasa, yang juga merupakan bagian dari tim kreatif program "Indonesia Kita". "Saat ini, orang-orang sudah tidak memercayai lagi keindonesiaan sehingga banyak terjadi krisis," tukasnya. "Mereka menganggap menyatukan bangsa bisa dengan berpolitik, namun bisa kita lihat hal itu juga gagal," tambahnya.

Butet mengatakan, seni dan budaya adalah cara yang tepat untuk menyatukan bangsa. "Proses menuju keindonesiaan bisa dengan kebudayaan dan seni. Dengan seni, kita bisa berdialog," ujar Butet.

Pertunjukan "Indonesia Kita" merupakan sebuah forum seni dan budaya yang percaya bahwa seni dan budaya mampu menjadi jalan bagi keberagaman untuk kembali berdialog secara kreatif, melahirkan, dan menumbuhkan semangat keindonesiaan yang lebih aktual dan relevan.

Tahun lalu, "Indonesia Kita" sukses dengan enam pertunjukan, yaitu Laskar Dagelan, Beta Maluku, Kartolo Mbalelo, Mak Jogi, Kutukan Kudungga, dan Kudal Nguntal Negara. Tahun ini, "Indonesia Kita" menyiapkan empat pertunjukan yang semuanya digelar di Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, di antaranya Apel, I'm in love, Kabayan Jadi Presiden, Maling Kondang, dan Nyonya-Nyonya Istana. Pertunjukan pertama yang akan digelar adalah Apel, I'm in Love pada 26-27 Mei 2012.[i/n]

Sumbe : http://www.griyawisata.com/nasional/sumatera-island/artikel/seni-mampu-satukan-keragaman-budaya-bangsa

Tiada ulasan:

Catat Ulasan